Tawuran Sehat, Why Not?

Beberapa minggu ini, berbagai media kerap dihiasi berita dan kabar tentang tawuran. Mulai dari tawuran pelajar, mahasiswa bahkan antar kampung. Dan yang sedang menjadi sorotan berbagai pihak saat ini adalah tawuran antar pelajar. Bagaimana tidak, karena di pundak para pelajarlah masa depan Republik ini disandarkan. Dan apakah jadinya di masa depan jika Republik ini dipimpin oleh manusia-manusia penggemar bentrok, adu jotos dan para pemain tangan.

Tapi di sisi lain, kita tidak bisa mengkambinghitamkan para pelajar yang melakukan hal tersebut karena tak lain mereka melakukan hal-hal di atas berdasar pada sebab-sebab tertentu, mulai dari alasan klasik yaitu solidaritas hingga alasan absurd, ikut-ikutan teman tanpa mengetahui duduk permasalahan. Terkadang tawuran disebabkan oleh hal-hal sepele, tapi hasilnya sangat tidak sepele karena bukan tidak mungkin ada nyawa yang akan melayang.

Bukan sedikit pelajar yang notabene adalah remaja yang terlibat permasalahan ini, lalu apakah sebenarnya penyebab dari tawuran selain dari alasan-alasan di atas?

Kita tidak bisa menyingkirkan fakta bahwa remaja adalah jiwa-jiwa labil yang masih membutuhkan sedikit bimbingan. Emosi para remaja tentu bergelora dan meletup-letup. Hal inilah yang terkadang menjadi pedang bermata ganda, di satu sisi dapat menguntungkan tapi di sisi lain juga dapat mencelakakan. Dalam hal ini, peran orang-orang terdekat yang akan menentukan. Selain keluarga, Sekolah juga sangat berperan dalam mematangkan emosi para remaja, karena jika emosi para remaja telah dapat dikatakan matang alias cukup dewasa, maka mereka akan lebih dapat memikirkan dampak yang akan didapat jika melakukan sesuatu. Jika sudah seperti ini, hal-hal semacam tawuran tentu lebih dapat ditekan jumlahnya.

Dan kepada saudaraku para remaja, inilah beberapa alasan mengapa kamu, para remaja tidak boleh tawuran:

1. Pertama, tawuran itu engga keren sob! Suer dah.

2. Tawuran engga bikin kalian jadi jagoan bray! Yang ada malah bentrok ga jelas, bukan ga mungkin kalian malah bakal mukul temen sendiri! Rugi kan kalo temen sendiri yang jadi korban?

3. Jika kalian yang jadi korban, coba bayangkan perasaan macam apa yang akan dirasakan oleh orang tua, sahabat dan tentu si doski. Belum lagi dengan kalian yang merasakannya.

Tawuran Sehat

Persaingan dan konflik antar pelajar tentu tidak bisa dihindarkan. Nah ada cara keren nih untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan tanpa harus mengambil resiko terluka atau kehilangan nyawa, yaitu dengan tawuran sehat!

Apasih Tawuran Sehat Itu? Kepo Dong..

Banyak cara untuk melakukannya, salah satu contohnya adalah dengan sparing! Eits, bukan adu jotos di sembarang tempat tapi bersaing sehat, salah satu contohnya adalah dengan ngadu futsal! Manfaatnya banyak, kalian bisa bersaing, have fun dan yang kalah pun tetep dapet sehatnya. Mantap kan? Selain itu masih banyak contoh lainnya, yang penting emosi tersalurkan, persaingan terselesaikan dan pastinya nyawa aman dan tidak ada yang dirugikan.

Nah mungkin cukup sekian campaign Blogger’s Shout Out dari ane kali ini, dan untuk kalian saudaraku para remaja, jangan tawuran lagi yee, lebih baik kita salurkan emosi yang meletup-letup ini dengan melakukan hal-hal positif. Cheers!!!

Stop!

Sumber Gambar: http://www.kbr68h.com/

About Ali Bachtiar

love rock and serenity!
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Tawuran Sehat, Why Not?

  1. Urupa Chan says:

    ada gurunya tuh buat tawuran. dari bapak yang terlatih pun menyalahgunakan untuk memukul wartawan. heheee..

  2. Amak Kankunk says:

    Ane gak tawuran gan, tapi ikut bertarung perisean ala pendekar sasak.
    Ini nih tawuran sehat ala pendekar.
    Penasaran seperti apa ane tawuran gan?
    Kunjungi blog ane dan temukan jawabannya disana.

    Salam Solid !

  3. adul says:

    gue ikut untuk STOP TAWURAN..

  4. kangyaannn says:

    tawuran sudah jadi bahan perbincangan dari elite sampai rakyat kecil, tapi tawuran masih saja terjadi…

  5. Moerad Qrad says:

    wah dulu pernah sparing futsal antar sekolah,,,bahaya gan, kalo sparing oleh raga yang face2face gitu suka menjadi pemicu adu jotos šŸ˜€

  6. Ely Meyer says:

    dimana mana skr lagi demam postingan topik tawuran ya šŸ™‚

  7. pena usang says:

    Nah disinalah perlunya kedewasaan gan

  8. izzawa says:

    tawuran nya di air bisa siram2an…keciplak kecipluk kan unyuuu hehe
    atau senjatanya ditukar sama bantal….atau kue bolu juga boleh biar kenyang šŸ˜‰

  9. vivi mulya says:

    ngadu futsal?
    wah, boleh juga tuh.. tapi yg cewek cuma bs jadi supporter aja dong :3

  10. ulil says:

    mantap dah tips tawuran sehat nya..

    dari pada sampe bunuh orang
    šŸ™‚

    SALAM SOLID..

  11. srulz says:

    tawurannya lewat palaystation sob.. kayaknya asik.. šŸ˜€

  12. Ilham says:

    setuju deh kalo tawurannya kayak gitu. kompetisi yang sehat hasilnya pun lebih adil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s