ABG SMA, Ekspresikan Aksimu

“ABG adalah fase tersulit dalam hidup, karena jika kita tidak cermat dalam memilih langkah di fase ini, kita akan tersesat selamanya.”

Terlebih nih jaman sekarang ketika telah mencapai fase SMA, alias telah mendapat gelar sebagai ABG yang udah belajar di SMA, atawa biasa disebut ABG SMA, seorang individu pasti bakal ngalamin dilema, yah maklum lah ABG SMA gitu loh *hahahapasih*. Dilema ABG SMA ntu sendiri bermacam, mulai dari dilema khas ABG SMA yang baru kenal tentang cinta-cintaan, sampe ada segelintir ABG SMA yang memikirkan dilema akan hal-hal yang sedang menjadi isu sosial di dunia, nah ini terjadi dikarenakan segelintir ABG SMA tersebut sudah mencapai tingkat kedewasaan, ABG SMA tipe inilah yang biasanya lebih jauh memikir ke depan bahkan sampai memikirkan perubahan bangsa dan dunia, inilah yang patut dicontoh.

SMA

Di Indonesia sendiri, udah lumayan banyak ABG SMA yang udah mencapai tingkat kedewasaan tersebut dan akhirnya melakukan sebuah langkah perubahan dengan cara mereka masing-masing, ada yang ikut komunitas sosial, alam, maupun jadi blogger yang aktif menulis hal-hal bermanfaat untuk bangsa, bahkan beberapa waktu lalu ada temen ane yang masih SMA yang satu grup sama ane di sebuah grup literasi online nerbitin buku antologi cerpen bareng-bareng sama anggota lainnya, dan yang bikin ane salut, tema cerpen-cerpen di buku tersebut adalah nasionalisme yang jauh dari unsur kemainstreaman. Selain itu banyak juga ABG SMA yang berhasil menorehkan prestasi di bidang pendidikan.

Prestasi

Nah inilah yang jangan kita ragukan, karena dibalik setumpuk kegalauan yang para ABG SMA alami, para ABG SMA ini juga telah banyak mencapai prestasi yang amat sangat membanggakan di usia mereka yang masih sangat muda belia. Beberapa waktu lalu, enam siswa Indonesia berhasil meraih medali perak dan perunggu dalam olimpiade iptek internasional (I-SWEEP 2012), seperti yang dilansir kompas, para ABG SMA tersebut berhasil berjaya di olimpiade yang digelar di Houston, Amerika Serikat, tanggal 3-6 Mei 2012 lalu.

Keenam siswa itu adalah ABG SMA dari beberapa wilayah Indonesia, mereka menang di kategori lingkungan hidup. Nah hal ini udah pasti dapat jadi kebanggaan kita semua. Belum abis sampe di situ bro, masih dari prestasi para ABG SMA bulan Mei 2011, tiga anggota Tim Olimpiade fisika dari Indonesia dapet penghargaan juga di ajang 12th Asian Physics Olimpiad.

Kagum? Belum abis gan..

Para ABG SMA Indonesia yang lain juga berhasil meraih penghargaan di ajang 18th International Conference of Young Scientist di Moscow, Rusia. Nah, Tim Olimpiade Kimia Indonesia juga ga mau kalah dengan berjaya di ajang 43th International Chemistry Olimpiad di Ankara, Turki. Matematika gan? Disabet juga gan sama para ABG SMA kita! Mereka berjaya setelah bertarung di ajang 52 th International Mathematic Olimpiad di Amsterdam, Belanda.

Ini Masalah Aksi

Sebenernya banyak banget prestasi para ABG SMA yang udah mendunia, dan di berbagai bidang lain pun bertebaran. Sekarang timbul pertanyaan: “Apakah perlu kepintaran untuk menjadi ABG SMA yang berprestasi?”

Menurut ane tidak! Yang dibutuhkan adalah keseriusan. Mengapa? Karena tiap orang punya kemampuan berbeda. Ada ABG SMA yang menonjol di akademik, ada yang di non akademik. Baik akademik maupun non akademik, itu tidak menjadi masalah, tetapi yang sekarang menjadi masalah adalah, bagaimana memunculkan kemampuan alias potensi tersebut untuk selanjutnya difokuskan untuk dikembangkan. Dan keseriusan adalah salah satu cara untuk dapat mengembangkan potensi.

Masalah bidang yang ditekuni agar dapat berprestasi sebagai seorang ABG SMA itu sebaiknya dipilih berdasarkan minat ataupun passion yang dimiliki, karena jika kita mengerjakan sesuatu yang sesuai minat kita, maka kita tidak akan lelah dalam menekuninya, ditambah sebagai orang yang masih labil, para ABG SMA cenderung cepat bosan dan selalu ingin hal baru. Dengan menekuni hal yang diminati tentu hal ini dapat dihindari.

Dengan begitu, semoga saja, jumlah para ABG SMA yang dapat memberikan prestasi lebih bisa bertambah.

Take Action!

ABG SMA, no more galau, no more labil, no more lebay and finally, say goodbye to the thing called 4l4y

About Ali Bachtiar

love rock and serenity!
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

36 Responses to ABG SMA, Ekspresikan Aksimu

  1. chumhienk says:

    setuja.. Say Good Bye fo 4l4y… 😀

    semoga dengan campaign BSO kali ini bisa merubah posisi SERP google dengan kata kunci “abg sma”, biar yang tampil bukan cuma hal negatifnya tapi juga rentetan prestasi yang sudah diraih oleh para Abg SMA jaman skrang ini.. :d

  2. menurut gue, pemberitaan juga kurang care kepada prestasi yang didapatkan anak yang mengharumkan nama Indonesia dimata dunia, yang jadi konsumsi cuma berita yang bobroknya aja. Munkin mengejar rating kali. pas teroris pemberitaannya gencar banget, eh pas prestasi malah sedikit.

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67. Semoga misi BSO untuk menghijaukan keyword “ABG SMA” ini berhasil dan menjadi kado yang spesial di hari kemerdekaan

    • pena usang says:

      Itulah media, yang penting bagi mereka cuma duit, duit ya rating, rating tinggi ya karena acaranya, jadi mereka bakal melakukan apapun sama acara mereka, termasuk memilah dan merekayasa berita.. Amiin bang

  3. redbike92 says:

    Salam solid deh (salam wajib tanggal 18)
    jangan lupa
    aksi2 ABG SMA itu harus ditunjang oleh pergaulan dan pendidikan yang baik. Kalau bisa sepak terjang anak SMA bisa memperngaruhi lingkungannya 😀

    • pena usang says:

      Salam solid mas.. Ya itulah, sungguh sangat disayangkan pergaulan dan pendidikan di kita kurang menunjang bagi tumbuh kembang remaja itu sendiri.. Tertambah mental dari generasi muda sekarang seperti kurang peduli pada ruang lingkup sosial..

  4. sebernarnya begitu banyak ABG SMA yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, tapi kurangannya support media terhadap itu, media kesannya cuma mengejar rating, pas teroris atau hal negatif lainnya media berbondong2, eh pas masalah berprestasi, media di mana ?

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67. Semoga misi BSO untuk menghijaukan keyword “ABG SMA” ini berhasil dan menjadi kado yang spesial di hari kemerdekaan.

  5. pena usang says:

    Emang iya bang, banyak banget ternyata, ane juga kaget pas kemaren ngubek2 internet.

    Amiiin bang, tapi jangan lupa, di luaran banyak yang menggunakan teknik black SEO, walaupun kita di sini cuma pake teknik yang etis, tapi karena jumlah kita banyak, ane yakin peringkat keyword tersebut yang merujuk ke hal negatif bakal rada terganggu.. Amiiin

  6. masa-masa abg adalah masa yang sangat labil, dia adalah dinding pembatas antara masa dewasa dan kanak-kanak. Masa abg kan masa pencarian jati diri, selalu ingin memberi aksi untuk menunjukkan eksistensinya…kira-kira begitu ya?

  7. pena usang says:

    Betul sekali mas, tapi salah aksi bisa salah jati diri juga hehe, untuk itulah kami disini yg masih hijau perlu uluran bimbingan dari para senior,,

  8. bensdoing says:

    abg indonesia juga banyak yg cerdas2…..

  9. arif says:

    ABG indonesia semoga makin banyak yg berekspresi positif, sedih melihat pergaulan ABG yg bernuansa negatif (mir*s, rok*k, s*k bebas, dll)

  10. vivi mulya says:

    take action now!
    semoga lah semua ABG SMA bisa baca postingan ini 😀
    dan mereka bisa menyumbangkan prestasi yg membanggakan untuk Indonesia 🙂

  11. jayputra9 says:

    Saya juga berpegang erat dengan kalimat pertama.

    Sepertinya saya tidak termasuk ABG yang memikirkan dilema. hehe oleh karena itu, saya gak punya pacar. Saya lebih mementingkan pendidikan saya dan keterkaitan saya terhadap pembangunan negara suatu saat nanti. Hal, ini amat berbeda dengan kebanyakan teman-teman saya yang lainnya. #gkgk bahasa saya terlalu berat y gan.

    Dalam prestasi, saya akui saya kalah. Saya memang bodoh dan juga malas. Tapi, saya mempunyai tekad dan hal itu adalah penyemangat bagi saya untuk melangkah maju. Walaupun saya kadang juga merasa iri, dengan anak-anak beprestasi yang mempunyai usia yang tidak jauh beda dengan saya. Dan itu membuat saya patah semangat. #haha gak gan, saya malah senang teman teman setanah air mendapatkan prestasi yang membanggakan dan itu membuat saya berkeinginan dapat menandingi mereka.

    Keseriusan dan minat, sepertinya saya mempunyainya gan. Moga saya dapat mewujudkan cita cita saya.

    ^_^ Saya juga gak suka 4l4y!
    kok komentar saya mirif curhat?, hehe gak apa apa kan gan.

    • pena usang says:

      Wah, agan yg atu ini bener2 curhat nih hahahaha, betul gan, dilema mah setiap orang juga pasti punya, jangan terlalu dipikirkan, entar jadi galauers hahaha wah salut dah sama agan yg atu ini, biarin gan, bahasa baku emang patut digunakan. Betul bang jay, ane rasa tekad itulah yg utama.

      Amin gan, teruskan mimpimu lanjutkan langkahmu.

      Brantas 4l4y! Hahaha

  12. Ilham says:

    penting nih. ayo rame2 diterusin ke socmed2. 🙂

  13. SanG BaYAnG says:

    Maaf.., gak berani menyimpulkan gan.. 😀
    saya hanya bisa berucap, masa itulah masa dimana pembentukan sebuah karakter mulai tertanam.

    Yang menarik dari artikel ini keywordnya itu loh gan.. semebar bikin gak kuat :mrgreen:

    • pena usang says:

      Naaah, itu dia!

      Hahaha, iya gan ane juga baru kali ini bikin artikel pake cara SEO gini selain di lomba blog, agak janggal sih. Tapi kan tujuan kami buat ngubah posisi SERP google terkait keyword “ABG SMA” yang kemaren-kemaren negatif semua hehehe

      • SanG BaYAnG says:

        Hahahaha.. 😆

        Good gan.., Saya dan kawan-kawan juga pernah berebutan keyword sebuah kota dengan adegan porno, syukurlah dengan bantuan banyak backlink dan beberapa trik akhirnya dalam tiga hari kita bisa menggeser..hehehe..

        LANJUTKAN Gan.., Saya (pribadi) dan beberapa blogger lain seratus persen mendukung langkah sampean..
        #salut..

      • pena usang says:

        Waaah, hebat gan. Alhamdulillah, ini kita-kita juga udah lumayan “mengganggu mereka”.. Makasih gan, lanjutkan

  14. Nyak Uema says:

    “no more galau, no more labil, no more lebay and finally, say goodbye to the thing called 4l4y”……

    hahahahaay…!! Semangat Muda Indonesia..!

  15. onesetia82 says:

    ABG adalah masa transisi yg biasanya serba ingin mencoba hal-hal yg baru dialaminya …
    Sebaiknya diarahkan sama yg positif jangan sampai terjerumus sama lembah yg tidak sesuai dengan aturan yg berlaku dan menurut keyakinan masing-masing … 🙂

  16. izzawa says:

    masalahnya sekarang gimana saya bisa jadi ABG SMA yang smart, yang punya segudang prestasi sedangkan saya tidak ABG lagi 🙄 😳

  17. pena usang says:

    *plak *tepokjidat

    Asli mba, ane ngakak banget baca commentnya. Hahaha.

  18. Gen-Puisi says:

    iya ya,,sebenar nya ABG SMA kita banyak yang berprestasi di ajang olimpiade internasional,,,,,
    tapi setelah gede kemana ya mereka lari nya,,,,,
    hehehheee,,,

    oh ya salam kenal gan,,
    dan masih dalam suasana lebaran,, minal aidzin walfaidzin,,

    • pena usang says:

      Setelah gede ya mereka pergi ke negeri lain, negeri yang lebih menghargai kemampuan mereka, negeri yang bisa lebih terbuka menerima saran orang-orang muda yang di negeri ini hanya dianggap remeh karena kurang pengalaman. Hehehe.

      Iya gan, sama-sama, ane juga mohon maaf ya gan, minal aidzin wal faidzin yaaaa

  19. Masih banyak kok potensi yg bisa digali dari ABG SMA, secara semangatnya ABG iu menggebu2.

    Masalahnya adalah sama seperti komentar diatas, ketiadaan media yg meliput atau remaja nya yang tidak menampakkan diri.

    Padahal mereka bisa kok jadi sang juara, maaf lahir batin ya baru bisa blogwalking 🙂

    Berkunjung ke postingan gue juga yee http://tersenyumlahuntukbahagia.blogspot.com/2012/08/kelakuan-abg-zaman-sekarang.html

    Thanks, Salam Solid !

    • pena usang says:

      Yoi gan, dengan semangat mereka yg menggebu-gebu sebenernya potensi dari mereka bisa diasah, terkadang mereka hanya butuh sedikit “bantuan”

      yah, begitulah media, terlalu sibuk mereka menguruskan “hewan” bernama rating.

      Yoi gan, minal aidzin juga dari ane. Oke siap entar ane otw ke lapak agan. Btw gracias kunjungannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s